Go : Bahasa Pemograman Java ala Google

SETELAH meng-update browser Chrome 4.0 Beta, kini saatnya Google bereksperimen dengan bahasa pemograman open source anyarnya. Go-demikian bahasa pemograman ini dinamai – akan mengoptimalkan aplikasi dan sistem multi-processor, Go merupakan bahasa pemograman kedua yang dirilis Goole tahun ini. Ya, pada bulan Juli lalu, Google telah merilis Simple, sebuah bahasa pemograman berdialek BASIC yang menyasar pada pengembangan aplikasi Android.
Go dilengkapi dengan plu-in untuk Eclipse Integrated Development Envirenment(IDE) dan menyasar pengembang aplikasi web. Menurut Rob Pike (kepala teknisi Google ), tujuan dibuatnya Go adalah sebagai bahasa sistem, seprti C++ atau C. Pike juga menambahkan bahwa Go memiliki level yang sama dengan Java. Jadi, jika Anda sudah akrab dengan Java pasti tidak akan kesulitan menggunakan Go.
Pembuatan Go dimulai sejak tahun 2007. Kala itu Go masih dirintiis sebagai proyek yang baru berjalan 20 persen. Dalam perkembangannya, Go dibantu pula oleh kontributor teknisi Google, seperti Robert Griesemer, Ken Thompson, lan Taylor, dan Russ Cox.
Seperti bahasa pemograman lain, Go juga dilengkapi dengan compiler bernama Gccgo yang berbasis GCC, ditambah satu compiler lain untuk mesin 64 bit x86 dan 32 bit x86. Bahasa Go juga mendukung chip ARM dan pernagkat Android. Sedianya, Go akan digunakan pada browser Chrome. Di sana Go akan dilengkapi dengan teknologi open source penunjang untuk menjalankan kode bahasa lain di aplikasi web. Penasaran dengan Go? Tengok saja di www.golang.org.

Anda sedang membaca artikel tentang Go : Bahasa Pemograman Java ala Google dan bila berkenan Anda bisa share artikel Go : Bahasa Pemograman Java ala Google ini dengan tombol share di bawah. Bila Anda bermaksud COPAS artikel Go : Bahasa Pemograman Java ala Google untuk diposting di blog Anda, mohon untuk meletakkan link Go : Bahasa Pemograman Java ala Google sebagai Sumbernya dengan mengcopy kode di bawah ini.

Get this widget

Baca Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

" Jika Postingan saya bermanfaat tolong tinggalkan komentar, Terimakasih !"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dukung CakramNet sebagai penyedia Cheat PB terbaik dengan "Like" disini.

Pasang iklan :

Chat CakramNet